Home > Edukasi > Rahasia Bikin Target Profit Bisnismu Pasti Tercapai

Rahasia Bikin Target Profit Bisnismu Pasti Tercapai

User 0001
May 24, 2022 | 2 mins
Sumber: freepik.com

Setiap bisnis yang dirintis pasti bertujuan untuk mendapatkan profit atau keuntungan. Bayangkan saja, dalam merintis bisnis tentu begitu banyak usaha dan tenaga yang harus dikerahkan, jika tidak meraih profit sama saja seperti melakukan pekerjaan yang sia-sia. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Prof. Thomas R. Eisenmann dari Harvard Business School Havard menunjukkan bahwa 90% bisnis berujung pada kegagalan karena tidak mampu mencapai profit.

Lalu bagaimana 10% bisnis lainnya dapat bertahan dan mencapai target profit ? Berikut Rahasia Bikin Target Profit Bisnismu Pasti Tercapai:

Table of Contents

1.

Tips 1: Mengubah Mindset

2.

Tips 2: Menyusun target dengan SMART

2. 1.

Specific

2. 2.

Measurable

2. 3.

Achievable

2. 4.

Relevant

2. 5.

Time Based

3.

3. 1.

3. 2.

3. 3.

3. 4.

3. 5.

4.

5.

6.

Tips 1: Mengubah Mindset


Menurut Mike Michalowicz dalam bukunya yang berjudul Profit First, Ia melihat bahwa kegagalan bisnis dikarenakan kesalahan formula dalam mendapatkan profit. Selama ini profit dirumuskan sebagai penjualan dikurang pengeluaran, yang menitikberatkan pada tingkat penjualan. Padahal jika ingin untung, prioritas utama bukanlah penjualan melainkan profit itu sendiri.

Artinya setiap memperoleh pendapatan, langsung potong pendapatan itu sekian persen sebagai profit. Hal ini memutar formula menjadi pengeluaran sama dengan penjualan dikurang profit. Jadi pengeluaran harus selalu disesuaikan agar profit tercapai.

Tips 2: Menyusun target dengan SMART


SMART di sini memiliki dualisme definisi dimana target bisnis harus tersusun dengan cerdas melalui metode S-M-A-R-T (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time Based). Penerapan metode SMART ini membantu dalam menyusun target yang bisa tercapai dan realistis. Bagaimana metode ini dapat diterapkan?

  1. Specific

    Buatlah target profit yang jelas namun jangan terlalu luas.

  2. Measurable

    Buatlah target profit yang hasil dan tujuannya dapat diukur.

  3. Achievable

    Buatlah target profit yang tinggi dan menantang tapi tetap realistis untuk dicapai dengan sumber daya yang dimiliki.

  4. Relevant

    Pastikan target profit yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan jangka panjang bisnismu.

  5. Time Based

    Berikan batas waktu yang jelas dan realistis untuk mewujudkan target profit.

Contoh:
Target yang ingin dicapai: menaikkan profit dari 3% menjadi 10% pendapatan utama untuk menaikkan omzet bisnis dalam 5 tahun.

  1. Spesifik: menaikkan profit dari 3% pendapatan utama

  2. Measurable: menjadi 10% dari pendapatan utama

  3. Achievable: hal ini disesuaikan dengan kondisi bisnis itu sendiri

  4. Relevant: untuk menaikkan omzet bisnis

  5. Time based: dalam 5 tahun

Dengan menyimpan keuntungan lebih dulu, bisnis akan lebih sehat dan efisien dalam operasionalnya. Tapi ternyata rahasia ini tidak hanya berlaku pada keuangan bisnis, tapi juga bisa diterapkan untuk keuangan pribadi.

Quote: “When less money is available to run your business, you will find ways to get the same or better results with less. By taking your profit first, you will be forced to think smarter and innovate more”

Terapkan kedua rahasia tersebut pada bisnis kamu mulai sekarang agar bisnismu selalu mencapai target profit yang diinginkan. Kalau profit sudah sesuai target, sudah siap ekspansi?