Home > Edukasi > Mau Penghasilan Tambahan Jutaan Rupiah? Tentu Bisa, Kenali Pekerjaan Affiliate Marketing

Mau Penghasilan Tambahan Jutaan Rupiah? Tentu Bisa, Kenali Pekerjaan Affiliate Marketing

Mario Febryansach
Apr 20, 2022 | 2 mins
Sumber: freepik.com

Kamu sedang membutuhkan penghasilan tambahan? Tidak ada salahnya untuk mengambil peluang sebagai seorang affiliate marketing. Pekerjaan yang sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Beberapa orang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan dan beberapa orang lainnya sebagai pekerjaan tetap karena jumlah yang diperoleh dapat dikatakan cukup besar.

Affiliate Marketing sah dijalankan apabila diadakan oleh perusahaan yang memiliki visi, legal secara hukum dan memiliki produk yang jelas. Berhati-hatilah dengan program affiliate palsu atau menipu. Untuk itu, yuk pahami Affiliate Marketing secara benar dan jelas.

Table of Contents

1.

Apa sih Affiliate Marketing itu?

2.

Membedakan Skema Affiliates Dengan Penipuan

3.

Bagaimana Skema Affiliate Marketing?

3. 1.

Melakukan pendaftaran - Sebelum memulai pekerjaan sebagai marketing affiliate suatu perusahaan, kamu diminta untuk mendaftarkan diri di program yang telah disediakan. Kenali dan riset perusahaan, produk dan visi mereka, bila kamu tertarik bergabung.

3. 2.

Mulai Promosi - Setelah resmi terdaftar, kamu dapat memulai promosi produk atau jasa yang dimiliki perusahaan melalui media sosial, website atau blog yang kamu miliki.

3. 3.

Pembelian melalui link referral kamu - Pembeli yang tertarik dengan cara kamu berpromosi, akan membeli produk melalui referral kamu. Pembeli biasanya juga memperoleh keuntungan dari kode referral kamu yakni dalam bentuk potongan harga (diskon).

3. 4.

Komisi berhak diterima - ini saat yang paling ditunggu, setiap ada pembelian melalui kode referral kamu, maka komisi akan diberikan kepada kamu dengan rentang waktu tertentu.

4.

Macam-macam Skema Perhitungan Komisi

4. 1.

Per-Lead

4. 2.

Per-Penjualan

4. 3.

Per-Klik

5.

Penipuan Skema Ponzi

6.

Keuntungan Affiliate Marketing

6. 1.

Biaya Terjangkau

6. 2.

Fleksibel

6. 3.

Sebagai Passive Income

6. 4.

Berkesempatan Memiliki Penghasilan Besar

6. 5.

Dapat mengembangkan diri

6. 6.

Proses Mudah

Apa sih Affiliate Marketing itu?


Sebuah pekerjaan di dalam pemasaran digital yang akan memberikan komisi kepada kamu apabila ada pembelian produk melalui link, kegiatan atau media promosi kamu. Dengan skema affiliate, budget atau effort pemasaran produk dapat dihitung tingkat efektivitasnya atau tingkat konversinya dalam omzet.

Membedakan Skema Affiliates Dengan Penipuan


Bagaimana Skema Affiliate Marketing?

  1. Melakukan pendaftaran - Sebelum memulai pekerjaan sebagai marketing affiliate suatu perusahaan, kamu diminta untuk mendaftarkan diri di program yang telah disediakan. Kenali dan riset perusahaan, produk dan visi mereka, bila kamu tertarik bergabung.

  2. Mulai Promosi - Setelah resmi terdaftar, kamu dapat memulai promosi produk atau jasa yang dimiliki perusahaan melalui media sosial, website atau blog yang kamu miliki.

  3. Komisi berhak diterima - ini saat yang paling ditunggu, setiap ada pembelian melalui kode referral kamu, maka komisi akan diberikan kepada kamu dengan rentang waktu tertentu.

Macam-macam Skema Perhitungan Komisi

  1. Per-Lead

    Komisi yang akan diterima apabila calon pembeli telah menyelesaikan suatu aktivitas yang telah disiapkan pemilik produk. Bisa download, mengisi form atau subscription.

  2. Per-Penjualan

    Komisi yang akan diterima apabila ada penjualan produk yang terjadi melalui link affiliate marketing. Biasanya akan diberikan dalam bentuk persenan 20-80% dari harga produk per penjualan. Contohnya affiliate program dari Looyal yang memberikan komisi hingga 80% dari harga produk per penjualannya.

  3. Per-Klik

    Komisi yang akan diterima apabila ada yang melakukan klik pada link referral kamu. Penilaian komisi akan didasarkan pada traffic website pemilik produk.

Penipuan Skema Ponzi

Sebuah modus penipuan yang menjanjikan keuntungan yang besar dan cepat. Penipuan ini biasanya berbentuk piramid atau berlevel. Cara kerjanya adalah dengan mengajak orang aktif bergabung. Keuntungan hanya diterima apabila sukses merekrut orang dan hanya akan menguntungkan orang pertama atau yang bergabung di awal.

Affiliate Marketing bukan penipuan dan pasti legal selama mengikuti program dari perusahaan yang terbukti tidak melanggar hukum dan memiliki produk yang baik.

Keuntungan Affiliate Marketing


  1. Biaya Terjangkau

    Program Affiliate Marketing ditawarkan beberapa perusahaan dengan 2 metode, yakni berbayar dan gratis. Metode berbayar mengharuskan para calon affiliatenya untuk membeli barang juga, sedangkan metode gratis tidak mengharuskan. Metode kedua terhitung sangat terjangkau bahkan tanpa membutuhkan modal uang untuk memulai.

  2. Fleksibel

    Tidak menuntut jam kerja nine to five dan bebas ikatan sehingga bisa dikerjakan kapan saja dan dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan (part-time). Ingin dikerjakan di cafe, rumah, kantor atau di manapun bisa.

  3. Sebagai Passive Income

    Passive income adalah pendapatan yang diterima tanpa kamu harus aktif bekerja. Dengan cara mempromosikan yang tepat, program affiliate marketing akan memberikan kamu passive income secara berkala.

  4. Berkesempatan Memiliki Penghasilan Besar

    Bekerja sebagai affiliate marketing berpotensi memberikan penghasilan yang besar karena dapat mempromosikan produk atau jasa dalam jumlah yang banyak dan dilakukan di beberapa perusahaan selama tidak melanggar aturan / kesepakatan yang ada.

  5. Dapat mengembangkan diri

    Dunia terus berkembang, begitu pun dengan bisnis. kamu akan terus dituntun untuk belajar produk / jasa yang akan dipromosikan. Selain itu, karena dikerjakan secara fleksibel maka banyak waktu yang dapat dipakai untuk ikut webinar, kursus dll.

  6. Proses Mudah

    Proses menjadi affiliate marketing itu secara umum, mudah dan praktis, kamu hanya perlu melakukan pengisian beberapa data dan mengikuti ketentuan dari perusahaan yang menyelenggarakan program.